Sekitar tahun 2012-2013, Newcastle United memiliki pemain kunci mayoritas yang beragama Islam. Papiss Cisse, Cheikh Tiote, Hatem Ben Arfa, Massadio Haidara, Mapou Yanga-Mbiwa, Moussa Sissoko, Mehdi Abeid serta Demba Ba adalah 8 pemain muslim yang dimiliki Newcastle pada periode tersebut. Bahkan 66 gol dapat diciptakan oleh duo striker Pappiss Cisse dan Demba Ba saat bermain di Liga.

Alan Pardew sangat terkesan dengan kedisiplinan pemain Muslim yang bersumber dari agama yang dianut mereka. Menurut dia, delapan pemain Muslim itu menjadi bagian penting dari klub. Pelatih berusia 51 tahun itu menilai, kelompok pemain Muslim itu tidak hanya fokus pada karier, namun juga bagaimana mereka hidup, makan, tidur, dan bertingkah laku. Salah satu pemain yang dinilai Pardew taat menjalankan ibadah adalah Demba Ba.

Sebagai bentuk apresiasi dan toleransi antarumat beragama, pihak Newcastle pun pada prosesnya berencana menyediakan ruang khusus untuk mereka. Kini mushola khusus itu pun telah tersedia. ” Kami meyakini bahwa kami kini memiliki lebih banyak pemain Muslim di tim inti kami dibandingkan dengan tim-tim lain di Liga Primer, jadi penting untuk memperhatikan kebutuhan mereka”.

(Visited 106 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.