Suzuki Jimny (Sumber : Carmudi)

Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat belum dapat berkomentar banyak mengenai pemberitaan India telah memulai produksi Jimny sebagai persiapan peluncuran SUV itu pada 2021. Kabar tersebut dikatakan masih perlu dipertanyakan.


“Saya belum bisa kasih tanggapan, kami juga tidak tau itu benar atau tidak,” kata Direktur Marketing SIS divisi roda empat Donny Saputra melalui sambungan telepon, Senin (21/12).

Kabar Jimny mulai diproduksi di India tersiar melalui pemberitaan media setempat pada akhir pekan lalu. Salah satu media itu Autocar India yang menjelaskan sebanyak 50 unit Jimny telah dirakit di pabrik Suzuki di Gurugam menggunakan kit CKD (completely knock down) dari Jepang.

Informasi itu disulut foto penampakan Jimny diduga produksi India yang diunggah akun Rahul Yadav di grup Facebook 4X4 India. Namun kabar itu belum mendapat konfirmasi dari prinsipal Suzuki dan Maruti Suzuki, perwakilannya di India.

Donny mengatakan pihaknya belum dapat berkomentar sebab pemberitaan media setempat mengenai Jimny belum punya konfirmasi dari prinsipalnya di Jepang maupun Maruti Suzuki India sehingga dianggap kebenarannya masih abu-abu.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpotensi memproduksi Jimny selain India. Pihak Suzuki Indonesia pernah mengaku antusias dan telah mengajukan permohonan ke Jepang untuk hal tersebut.

“Kami belum tau apa itu informasi benar atau tidak, jadi selama itu bukan informasi resmi dari Jepang atau India sendiri, ya kami belum bisa mempertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Donny.

“Kami juga bingung, masa iya kami berkomentar berkaitan dengan gosip. Kalau informasi tidak resmi saya mau komen juga susah,” lanjut dia.

Donny juga menegaskan sejauh ini pihaknya di Indonesia belum mendengar secara langsung baik melalui Maruti Suzuki maupun prinsipalnya mengenai aktivitas produksi Jimny di India.

“Kalau informasi tidak resmi, yang buat bukan mereka [Suzuki Jepang atau Maruti Suzuki India], kan tidak mungkin komunikasi ke kami toh. Itu kan bukan informasi resmi,” kata Donny.

Sumber : CNN Indonesia

(Visited 440 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.