Gubernur Jawa Timur meresmikan Masjid Agung Al Fattah (Source : Reportase.tv)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meresmikan Masjid Agung Al Fattah. Masjid ini merupakan tempat peribadatan tertua di Mojokerto.


Masjid Agung Al Fattah yang berdiri megah di sebelah barat Alun-alun Kota Mojokerto atau tepatnya di Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon ini, telah mengalami pemugaran hingga beberapa kali. Terbaru, renovasi dilakukan pada 2015 hingga awal 2020.

Anggaran yang dikeluarkan untuk mempercantik bangunan masjid, mencapai Rp 40 miliar. Dengan rincian, Rp 30 miliar dari anggaran hibah Pemerintah Kota Mojokerto, Rp 2 miliar dari Pemerintah Provinsi Jatim dan sisanya merupakan sumbangan dari masyarakat.

“Untuk desain dari Masjid Agung Al Fattah ini, kami memakai dua kombinasi antara Majapahit yang akan terus kami pertahankan dengan perpaduan ala Timur Tengah. Kebudayaan Majapahit, terlihat jelas di masjid ini. Seperti ukir-ukiran yang sengaja dipahat langsung oleh seniman dari Trowulan. Kami sengaja tidak meninggalkan identitas Majapahitnya, karena dulu pusat peradaban Kerajaan Majapahit ada di Mojokerto ini dan melekat erat dengan warga di sini,” jelas Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita dalam keterangan tertulis.

Peresmian masjid yang dikemas dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, turut menghadirkan ribuan anggota Muslimat dan Fatayat dari seluruh Mojokerto, Minggu (8/11). Sejak pagi, ribuan ibu-ibu telah memadati area masjid yang telah dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1877 lalu.

Di dalam masjid tersebut lantunan shalawat serta salam terus dikumandangkan sebagai tanda memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW pada Bulan 12 Rabiul Awal 1442 Hijriyah atau yang jatuh pada hari Kamis, 29 Oktober 2020 pada kalender Masehi lalu.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.