Tri Rismaharini Saat melakukan rapat kerja (Source : Kenangan.com)

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial. Risma akan menggantikan posisi Juliari Batubara yang mendekam di tahanan karena kasus dugaan korupsi bansos Covid-19.


Risma mengawali karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Surabaya. Pada 1997, Risma menjabat Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Sandiaga merupakan pria kelahiran Pekanbaru, Riau pada 28 Juni 1969. Ia sudah malang melintang di dunia bisnis Tanah Air sejak puluhan tahun lalu.

Pada rentang 1997-2008, Risma menduduki enam jabatan di Pemkot Surabaya. Kemudian pada 2008-2010, ia dipercaya menduduki kursi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Setelah kenyang pengalaman di birokrasi, Risma memutuskan maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya. Ia memenangkan Pilkada Surabaya 2020 bersama Bambang Dwi Hartono.

Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 menjabat Wali Kota Surabaya selama dua periode. Pada 2015, Risma berpasangan dengan Whisnu Sakti Buana.

Selama memimpin Surabaya, Risma dikenal publik sebagai wali kota berprestasi. Salah satu penghargaan yang membuat Risma jadi sorotan publik adalah Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia versi World Mayor Project pada 2015.

Surabaya di bawah kepemimpinan Risma juga meraih anugerah Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan karena Surabaya meraih Adipura selama tiga tahun berturut-turut. Hanya Surabaya yang telah meraih penghargaan ini.

Di dunia politik, Risma bergabung dengan PDIP. Pada kepengurusan PDIP periode 2019-2024, Risma masuk jajaran elite PDIP.

.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.