tes genose di gambir
Keadaan saat melakukan pendaftaran tes Genose (Sumber : Dokumen Pribadi)

Beberapa waktu yang lalu, sebelum keluarnya peraturan larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah, Tim Bacapaja mencoba untuk melakukan tes Genose di stasiun Gambir. Tes Genose ini kita lakukan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan dengan kereta api. Berikut adalah pengalaman Kami melakukan tes Genose.

Sebelum masuk ke pengalaman Kami, lebih baik kita jelaskan dahulu apa itu Genose. GeNose C19 adalah alat yang dibuat khusus oleh para ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mendeteksi infeksi virus Corona melalui embusan napas. Di Indonesia, GeNose telah mengantongi izin edar dan izin pakai dari Kemenkes RI.

Penggunaan GeNose untuk mendeteksi penyakit COVID-19 melalui embusan napas telah dijadikan salah satu alternatif skrining kesehatan pada berbagai moda transportasi umum selama pandemi COVID-19.

tes genose di gambir

Tes Genose dimulai dengan mengambil nomor antrian di pos pertama. Sebelum mendapatkan nomor, kita diharuskan untuk membayar RP 30,000. Oiya, lokasi dari tes Genose ini ada di parkiran utara dari stasiun Gambir.

tes genose di gambir

Setelah mengambil nomor antrian, Kita diharuskan untuk menunggu nomor kita dipanggil. Tidak usah khawatir akan capek, karena disana sudah disediakan banyak kursi.

genose kit

Setelah nomor antrian kita dipanggil, Kita langsung menuju ke bagian loket. Di loket ini, kita diharuskan untuk menunjukkan kode booking tiket dan KTP. Setelah itu Kita akan diberikan peralatan tes Genose yang berisi Breathing Bag dan QR code.

Breathing bag ini digunakan untuk menghembuskan nafas kita untuk diukur menggunakan mesin Genose. Sedangkan QR code digunakan untuk mengecek hasil tes Genose kita.

tes genose di gambir

Setelah mendapatkan perlengkapan tes Genose, kita diharuskan untuk antri di ruang pengambilan sampel Genose

Ketika giliran kita sudah mulai, buka perlengkapan Genose-nya, kemudian tiup breating bag nya. Untuk meniupnya, sedikit agak susah, karena harus sambil menekan katup biru yang sedikit keras.

Setelah melakukan pengambilan sampel, breathing bag kita berikan kepada petugas untuk mulai dites menggunakan mesin. Hasil tes Genose ini bisa kita dapatkan setelah 10-15 menit. Untuk melihat hasilnya kita bisa langsung melakukan scanning QR code yang sudah diberikan tadi. Hasil dari tes Genose nya adalah sebagai berikut.

hasil tes genose

Overall, tes Genose ini bisa dibilang lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan tes PCR/antigen. Kami membutuhkan waktu kurang dari 45 menit mulai dari mengambil nomor antrian hingga mendapatkan hasil tesnya.

(Visited 84 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.