Ilustrasi Muslim Pro menjual datanya kepada militer AS (Source : Rakyat News)

MuslimPro, aplikasi pengingat waktu salat Muslim dengan 100 juta pengguna hanyalah salah satu aplikasi yang data lokasinya dijual ke militer Amerika Serikat (AS) untuk alasan yang belum diketahui. Laporan Motherboard VICE mengungkap data penjualan data lokasi jutaan muslim di seluruh dunia tersebut.

“Militer AS membeli data pergerakan granular orang di seluruh dunia, yang diambil dari aplikasi yang tampaknya tidak berbahaya,” tulis Joseph Cox dari Motherboard VICE pada hari Senin.

Disebutkan secara spesifik, salah satu pembelinya adalah Komando Operasi Khusus AS (USSOCOM), yang menangani kontra-pemberontakan, kontra-terorisme, dan berbagai aktivitas rahasia di seluruh dunia.

Motherboard VICE, dalam laporannya, mengungkap bahwa dua perusahaan secara terpisah mengambil bagian dalam pengumpulan data ini. Laporan itu mengklaim telah menemukannya melalui catatan publik, wawancara dengan pengembang, dan analisis teknis.

Juru bicara USSOCOM, Tim Hawkins, telah mengonfirmasi bahwa komando itu telah menggunakan Babel Street’s Locate X. “Akses kami ke perangkat lunak digunakan untuk mendukung persyaratan misi Pasukan Operasi Khusus di luar negeri,” katanya dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Russia Today, Selasa (17/11/2020).

“Kami sangat mematuhi prosedur dan kebijakan yang ditetapkan untuk melindungi privasi, kebebasan sipil, hak konstitusional, dan hukum warga negara Amerika.”

Namun, Hawkins bungkam ketika ditanya apa yang dilakukan militer AS dengan data warga non-AS. Catatan publik menunjukkan USSOCOM menghabiskan sekitar USD90.000 (sekitar Rp 1,27 M) untuk membeli lisensi Locate X dan alat analisis teks Babel X pada bulan April.

Perusahaan lain disebut X-Mode, menggunakan software pengembangan kits (SDK) dalam aplikasi untuk mengumpulkan data dan menjualnya ke pihak ketiga, termasuk kontraktor pemerintah AS. Meskipun laporan tersebut tidak menentukan aplikasi mana yang datanya diambil oleh Locate X, laporan tersebut menyebutkan sejumlah aplikasi yang mengirim data ke X-Mode.

(Visited 103 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.