Aung San Suu Kyi dikabarkan ditahan oleh militer Myanmar (Sumber : BBC)

Seruan untuk pembebasan Aung San Suu Kyi di Myanmar meningkat sehari setelah kudeta militer yang menyebabkan ratusan anggota parlemen ditahan di luar keinginan mereka.

Suu Kyi tidak pernah terlihat di depan umum sejak dia ditahan oleh militer.

Militer mengambil alih kekuasaan setelah mengumumkan keadaan darurat dan menuduh partai Suu Kyi melakukan penipuan atas kemenangan pemilihannya.

Presiden AS Joe Biden mengancam akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Myanmar sebagai akibatnya, dengan mengatakan militer tidak boleh “mengesampingkan keinginan rakyat”.

Sanksi baru-baru ini dikurangi, setelah negara itu mulai bangkit dari kediktatoran militer selama puluhan tahun.

Partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), menuntut pembebasannya segera pada hari Selasa. Ia juga meminta militer untuk menerima hasil pemilihan November, yang membuat NLD memenangkan lebih dari 80% suara.

Lantas Dimana Aung San Suu Kyi?
Belum ada pernyataan resmi tentang keberadaan pasti Suu Kyi sejak dia ditahan dalam penggerebekan sebelum fajar pada hari Senin.

Tetapi sumber yang tidak disebutkan namanya dari dalam NLD mengatakan dia dan Presiden Win Myint ditahan sebagai tahanan rumah.

“Kami diberitahu untuk tidak khawatir. Namun kami tetap saja khawatir. Akan sangat melegakan jika kami dapat melihat foto mereka di rumah,” kata anggota parlemen itu kepada kantor berita AFP, tanpa menyebut nama.

Banyak anggota parlemen lainnya yang ditahan juga masih ditahan di perumahan pemerintah mereka di ibu kota Nay Pyi Taw, dengan salah satu anggota NLD menggambarkannya sebagai “pusat penahanan terbuka”.

Suu Kyi – yang menghabiskan hampir 15 tahun dalam penahanan antara tahun 1989 dan 2010 – telah mendesak para pendukungnya untuk “memprotes kudeta” dalam sebuah surat yang ditulis sebelum dia ditahan. Ini memperingatkan tindakan militer akan membuat negara kembali di bawah kediktatoran.

Sumber : BBC

Baca Juga :
Pendukung Alexei Navalny Melakukan Demo di Seluruh Rusia

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.