Ilustrasi Game Online (Source IDNtimes)

Pandemi virus Corona (COVID-19) membawa dampak buruk di berbagai sektor usaha di Indonesia. Di sisi lain, muncul banyak ide baru untuk pengembangan usaha, salah satunya adalah produk digital yang sedang dikembangkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Wakil Menteri Perdagangan (Wamedag) Jerry Sambuaga mengatakan pandemi COVID-19 membuat banyak bidang usaha mau tidak mau beralih dari konvensional ke digital atau secara online, sehingga membuka peluang baru berupa potensi pasar digital.

“Saat ini ekspor perdagangan luar negeri kita masih didominasi sektor migas dan non migas. Namun dengan adanya perubahan perilaku konsumen, membuka peluang bagi kita untuk menjajaki ekspor dalam bentuk produk digital,” ujar Jerry dalam keterangan resmi yang dikutip Bacapaja.com, Kamis (26/11/2020).

Jerry mengatakan jika produk digital yang sedang dicoba untuk bisa dikembangkan dan diekspor adalah game online. Indonesia dinilai memiliki banyak creator game online yang 100% merupakan karya anak bangsa.

“Korea selatan, pendapatan utamanya bukan dari K-POP tapi dari game online. Dengan berjualan game online bisa menghasilkan puluhan juta dolar. Kita tinggal mendorong agar hal itu bisa kita lakukan,” ucapnya.

Saat ini pihaknya mengidentifikasi ada empat peluang yang bisa dimanfaatkan di tengah pandemi COVID-19 yakni adanya pertumbuhan nilai perdagangan produk potensial baru, relokasi pusat industri dan investasi global, pemanfaatan potensi pasar kawasan potensial dan transformasi digital, serta perkembangan teknologi yang kian masif.

(Visited 431 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.