Ilustrasi transfer online (sumber : unsplash)

Di dunia yang sudah modern ini, urusan transfer mentransfer online sangatlah familiar dengan Kita. Transfer uang secara online biasanya digunakan untuk belanja online, membayar hutang kepada teman, atau juga untuk top up e-wallet untuk keperluan ojek online.

Nah secara umum, jalur transfer antarbank dibagi menjadi tiga jenis :

  1. Real Time Gross Settlement (RTGS)
  2. Sistem Kliring Nasional (SKN)
  3. Transfer Online

Bedanya apa ya kira-kira? Berikut adalah perbedaannya

  1. RTGS
    RTGS digunakan untuk transaksi uang dalam jumlah besar (minimal Rp 100.000.001). Dana akan diterima nasabah dalam waktu 2 jam atau lebih cepat. Biayanya maksimal Rp 30.000 per transaksi (menjadi Rp 25.000 – Rp 50.000 dengan BI-Fast)
  2. Kliring
    SKN digunakan untuk transfer maksimal Rp 100 juta per hari, namun harus menunggu dalam hitungan jam untuk pemrosesannya. Meski waktunya agak lama, biaya admin transfer SKN adalah Rp 2.900 per transaksi (Kemungkinan tarif ini dilanjutkan pada BI-Fast)
  3. Transfer Online
    Metode ini menggunakan switching yang menghubungkan kedua bank tersebut, mulai dari ATM Bersama, Prima, hingga ALTO. Kelebihannya adalah waktu transfer yang real time, sementara kekurangannya ada di biaya transfernya, yaitu Rp 6.500/transaksi. Namun dengan BI-Fast biayanya menjadi Rp 2.500.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.