jpg dan png

Di dunia ini, ada banyak sekali pilihan dalam menyimpan format gambar digital. Dengan beberapa opsi untuk menyimpan atau mengekspor file gambar Kamu, keputusannya bisa saja menjadi rumit. Tapi jangan khawatir! Artikel ini akan membahas dua opsi format file paling populer, JPG vs. PNG, termasuk kapan harus menggunakannya dan mengapa.

Ada dua pertanyaan utama untuk ditanyakan kepada diri sendiri ketika Kamu akan memutuskan format file gambar mana yang akan digunakan.

Pertama, jenis gambar apa yang ingin digunakan? Apakah itu gambar biasa, atau grafik mendetail dengan tujuan profesional? Apakah itu perlu diubah atau diubah ukurannya dari keadaan saat ini?

Kedua, bagaimana Kamu berencana menggunakan gambar ini? Apakah akan dipublikasikan di situs web perusahaan? Atau, apakah itu untuk penggunaan pribadi Kamu sendiri?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu memandu Kamu untuk memilih jenis file yang optimal.

Apa Itu File JPG?

Jenis file gambar JPG (biasanya diucapkan jay-peg), dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group (JPEG) pada tahun 1992. Kelompok ini menyadari kebutuhan untuk membuat file foto berukuran besar menjadi lebih kecil, sehingga dapat lebih mudah dibagikan.

Beberapa gambar kualitasnya akan terganggu saat gambar dikonversi ke JPG. Alasannya adalah karena sifat kompresinya lossy, yang berarti bahwa ada informasi tertentu yang tidak perlu dihapus secara permanen. Namun, JPG memungkinkan Anda membuat ukuran file yang lebih kecil daripada yang bisa Anda buat dengan PNG.

Ilustrasi Perbedaan Antara Gambar JPG & PNG

JPG harus digunakan dalam situasi apa pun ketika situasi tersebut mengharuskan untuk memiliki file kecil. Ini berguna untuk gambar di website, karena ukuran yang lebih kecil akan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Karena koneksi internet broadband menjadi lebih universal, ini menjadi tidak terlalu menjadi masalah. Namun, mereka yang memiliki koneksi internet lebih lambat atau komputer yang lebih lama dan kurang kuat akan berterima kasih atas pertimbangan Kamu yang menggunakan file gambar yang lebih kecil ukurannya

Apa Itu File PNG?

Format file PNG, biasanya dibaca sebagai ping, dibuat pada pertengahan 1990-an sebagai pengganti Graphics Interchange Format (GIF). Keterbatasan GIF mendorong penciptaan dan prevalensi (kelaziman) PNG.

Manfaat penting, dan seringkali faktor penentu untuk menggunakan file PNG, adalah mereka mendukung transparansi. Ini memungkinkan Kamu untuk memiliki latar belakang transparan di sekitar objek berbentuk tidak beraturan dan menghindari kotak putih (atau warna lain) yang menguraikan gambar Kamu. Jika Kamu membutuhkan transparansi latar belakang (background), Kamu pasti akan memilih PNG.

Beda JPG dan PNG dalam transparansi background

Kompresi file untuk PNG adalah lossless. Seperti istilah yang ditunjukkan, kompresi lossless mempertahankan semua data yang terkandung dalam file, di dalam file, selama proses berlangsung. Kompresi lossless diperlukan ketika Kamu memiliki gambar yang masih dalam proses pengeditan. PNG sering digunakan jika ukuran tidak menjadi masalah dan gambarnya rumit, karena file PNG menyimpan lebih banyak informasi daripada JPG.

Sumber : Techsmith

(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.