Jeff Bezos saat ini merupakan orang terkaya di dunia berkat perusahaan online nya Amazon. Perusahaan penjualan online terpopuler ini berhasil membuat Jeff Bezos memiliki kekayaan US$ 182 miliar. Kekayaan Bezos diramalkan bisa menurun atau bangkrut dalam beberapa dekade yang akan datang.


Melansir Entrepreneur, Sabtu (19/12/2020), khususnya di halaman korporat Business of Fashion, seorang pendiri dan penasehat Retail Prophet untuk beberapa merek paling dihormati di dunia meramal akhir dari Amazon.

“Saya pikir dalam 10 tahun Amazon akan menurun dan hanya ada beberapa alasannya,” tulis Stephens.

Para ahli menilai langkah Amazon yang mengikuti jejak perusahaan lain menjadi penyebab utama Jeff Bezos bangkrut. Stephens mencontohkan seperti yang dilakukan Walmart.

“Antara 1962 dan awal 2000-an, Walmart memimpin bisnis ritel mengalahkan lusinan pesaingnya baik yang besar maupun kecil. Pada tahun 2010, Walmart telah membuka 4.393 toko yang mengejutkan lebih dari 3.000 di antaranya dibuka setelah tahun 1990,” Stephens menjelaskan.

Setelah berhasil membuka banyak toko, Walmart pun akhirnya mengalami penurunan besar dalam kinerja penjualan di tahun 2015. Penurunan penjualan itu dikarenakan Walmart terlambat dalam menerapkan bisnis secara online.

“Penurunan itu menunjukkan bahwa perusahaan paling besar pun bisa jatuh,” kata Stephens.

Berkaca dari hal tersebut, Stephens pun menilai hal tersebut bisa terjadi bahkan bisa merugikan Jeff Bezos jika orang terkaya di dunia ini tetap mempertahankan model bisnis yang sama dalam jangka panjang.
Stephens menilai kebanyakan para pelanggan sekarang membeli suatu produk karena ingin produknya sampai dengan cepat, pelanggan juga saat ini membutuhkan pengalaman baru yaitu datang langsung ke toko dan menyentuh barang yang ingin dibelinya.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.