Ilustrasi Rapid Antigen (Sumber : Tirto)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal menyediakan layanan rapid test antigen atau RT-PCR di stasiun dengan harga Rp105.000 mulai hari ini, 21 Desember 2021.


EVP Corporate Secretary PT KAI Dadan Rudiansyah menuturkan hal tersebut merupakan upaya peningkatan pelayanan KAI kepada para calon pelanggan yang akan melakukan perjalanan jelang libur Nataru (natal dan tahun baru).

Lalu dimana sajakah stasiun yang menyediakan layanan rapid test antigen?
Pada tahap awal, layanan tersebut tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi.

“Layanan ini tersedia atas Sinergi BUMN dengan RNI dan kolaborasi KAI dengan swasta yaitu Jasa Prima Putra,” ujar Dadan

Dadan menjelaskan proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi, sehingga KAI mengimbau calon pelanggan agar menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun disarankan untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

“Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api,” ucap Dadan.

Dadan menambahkan, layanan ini juga merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik kereta api. Selain di stasiun, calon pelanggan juga bisa menggunakan hasil rapid tes antigen dari rumah sakit atau klinik yang terpercaya.

“Kami juga mengingatkan kepada para pelanggan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan,” pungkasnya.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.