Ilustrasi orang mencari sinyal (sumber : lifewire)

Ada beberapa penyebab sinyal seluler Kita menjadi lemah tetapi untungnya ada juga berbagai cara cepat untuk diterapkan dan mudah dilakukan untuk menguatkan sinyal, baik Anda menggunakan iPhone, smartphone Android, atau perangkat seluler lainnya.

Berikut adalah 10 cara terbaik untuk meningkatkan penerimaan dan kekuatan sinyal seluler di mana pun Anda berada.

  1. Periksa Apakah Provider Seluler Anda Aktif Atau Tidak
    Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan sinyal seluler di ponsel Kamu karena kecepatan data internet Kamu tiba-tiba melambat atau terputus sama sekali, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah memeriksa apakah operator Kamu mengalami gangguan atau pembatasan layanan. Meskipun biasanya jarang terjadi, pemadaman layanan dapat terjadi sebagai akibat dari kegagalan teknis di pihak penyedia atau bahkan karena bencana alam yang mungkin telah merusak menara seluler dan saluran telepon.
  2. Menelepon Dari Lokasi Berbeda
    Ini mungkin terdengar agak konyol, tetapi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan sinyal seluler yang lebih baik di ponsel cerdas Kamu adalah dengan mencoba menelepon atau memeriksa aplikasi dari berbagai bagian ruangan atau rumah. Beberapa objek, atau bahkan rumah Kamu sendiri, dapat memblokir sinyal seluler dan, meskipun Kamu tidak dapat memindahkan rumah, Kamu dapat bereksperimen dengan lokasi yang berbeda.
  3. Nyalakan dan Matikan Mode Pesawat
    Mematikan Mode Pesawat dapat dilakukan dengan sangat mudah di perangkat pintar iOS dan Android. Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan sinyal yang lebih baik karena panggilan telepon berkualitas buruk atau unduhan media yang lambat, Kamu mungkin juga ingin mencoba dengan sengaja mengaktifkan Mode Pesawat, menunggu beberapa detik, lalu mematikannya lagi. Ini akan mengatur ulang koneksi perangkat Kamu ke provider seluler Kamu dan merupakan cara yang sangat efektif untuk menghilangkan masalah sinyal yang lemah.
  4. Nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth untuk Memperbaiki Sinyal Anda
    Mematikan koneksi nirkabel Bluetooth dan Wi-Fi dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan sinyal telepon yang lebih baik, baik Kamu menggunakan 3G, 4G, atau 5G. Sinyal Wi-Fi dan Bluetooth sering kali dapat menyebabkan konflik antara perangkat dan aplikasi dan bahkan diketahui saling membatalkan. Headphone Bluetooth baru Kamu mungkin bagus tetapi juga bisa menjadi penyebab masalah telepon Kamu.
  5. Perbarui Sistem Operasi Ponsel Anda untuk Meningkatkan Kecepatan Data
    Salah satu tip yang berpotensi meningkatkan sinyal telepon dan kecepatan data pada ponsel cerdas Kamu adalah mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi dan aplikasi terbaru. Pembaruan semacam itu sering kali mencakup perbaikan bug untuk bug kesalahan koneksi selain menambahkan dukungan untuk teknologi dan layanan jaringan seluler yang ditingkatkan yang ditawarkan oleh provider Kamu.
  6. Atur Ulang Pengaturan Jaringan untuk Meningkatkan Penerimaan Anda
    Jenis pesan kesalahan ‘sinyal telepon turun’ atau kurangnya sinyal seluler terkadang dapat diperbaiki dengan mengatur ulang pengaturan jaringan di ponsel cerdas atau tablet Kamu.

    Melakukan pengaturan ulang (reset) jaringan akan menghapus nama pengguna dan kata sandi Wi-Fi Anda selain pengaturan VPN apa pun yang telah Kamu aktifkan, tetapi ponsel Kamu akan terhubung kembali ke provider Kamu secara otomatis setelah pengaturan ulang jika selesai.
  7. Pilih Provider Anda Secara Manual
    Untuk memeriksa apakah opsi ini tersedia, ketuk Pengaturan > Jaringan Seluler > Operator jaringan > Jaringan pencarian. Berbagai pilihan operator jaringan akan muncul. Jika ya, bereksperimenlah dengan yang berbeda untuk menemukan satu yang memberi ponsel Kamu sinyal terkuat dan tercepat.
  8. Tingkatkan Sinyal Sel Dengan Perangkat Penguat Sinyal
    Penguat sinyal ponsel adalah perangkat yang sangat berguna yang dapat meningkatkan kekuatan koneksi 3G, 4G, atau 5G ponsel Kamu baik saat bepergian ke daerah dengan jangkauan yang buruk atau hanya saat menggunakan ponsel di rumah atau tempat kerja Kamu.

    Apakah penguat sinyal ponsel berfungsi? Biasanya, iya. Perangkat ini melakukan fungsi yang mirip dengan antena TV di mana Kamu menempatkannya di lokasi dengan akses utama ke sinyal nirkabel, seperti balkon atau atap Anda, dan sinyal yang lebih kuat itu kemudian tersedia untuk ponsel cerdas Anda dan perangkat lain yang terhubung untuk digunakan.
  9. Dapatkan Ponsel Baru Dengan Penerimaan Sinyal Lebih Baik
    Kamu mungkin tidak ingin mendengar ini, tetapi mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke model ponsel cerdas yang lebih baru. Smartphone Android dan iPhone baru sering kali menyertakan peningkatan perangkat keras ke antena mereka yang memberikan jangkauan yang lebih konsisten selain memiliki dukungan untuk internet nirkabel yang lebih cepat dan koneksi seluler melalui 4G, 5G, dan akhirnya 6G.
  10. Coba Menelepon Dengan Aplikasi Melalui Wi-Fi
    Jika masalah utama Kamu dengan sinyal seluler yang lemah adalah efek negatifnya pada panggilan telepon, Kamu mungkin ingin mencoba melewati panggilan seluler sama sekali dan menelepon teman, keluarga, dan kolega Kamu melalui aplikasi teks dan panggilan gratis.

    Aplikasi seperti WhatsApp, Line, Skype, Telegram, WeChat, dan bahkan Facebook Messenger memungkinkan Kamu melakukan panggilan suara dengan koneksi internet Wi-Fi sehingga tidak peduli seberapa buruk penerimaan 4G atau 5G Anda. Sebagian besar aplikasi ini juga diklasifikasikan sebagai aplikasi panggilan video yang berarti Kamu juga dapat melakukan panggilan video dengan mereka melalui Wi-Fi.
(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.