Kenaikan harga bbm memicu kenaikan harga bahan pokok

Jika Anda melakukan perjalanan ke supermarket akhir-akhir ini, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa makanan harganya lebih mahal dari biasanya.

Apalagi jika Anda juga sering mengamati pergerakan harga bahan bakar minyak (BBM), harganya sudah sedikit lebih tinggi. Tentu membuat anggaran belanja rumah tangga Anda menjadi lebih membengkak.

Namun, dengan sedikit perencanaan dan beberapa alokasi dana yang tepat, Anda dapat menghemat biaya sambil tetap menikmati makanan sehat yang dimasak di rumah.

Berikut adalah beberapa tip yang perlu diingat untuk menghemat anggaran belanja rumah tangga Anda.

Rencanakan Akan Belanja Apa Saja untuk menghemat waktu dan uang

Clare Collins, profesor peraih nutrisi dan dietetika di University of Newcastle, mengatakan merencanakan makanan dan camilan apa saja yang akan dibeli penting untuk menjaga anggaran untuk makanan Anda tetap terkendali.

“Anda harus merencanakan akan beli apa untuk makanan dan camilan … dan Anda tidak harus memasak makanan mewah setiap malam,” katanya.

“Anda bisa membuat masakan yang bisa tahan untuk dua malam dan menyimpannya di lemari es.”

Keuntungan utama dari melakukan rencana makan adalah dapat membantu Anda mengurangi pembelian impulsif di toko.

Punya anggaran untuk makanan yang Anda inginkan

“Buat anggaran untuk makanan pilihan Anda. Kemudian tetapkan anggaran dananya dan itu akan membantu Anda mengendalikan uang untuk makanan Anda,” katanya.

Tip lainnya adalah melakukan inventarisasi cepat di dapur dan lemari es Anda sebelum berbelanja untuk menghindari membeli makanan yang sudah Anda miliki.

Jadilah pembelanja yang cerdas

Berikut tips untuk menjadi pembelanja cerdas

  • Saat membandingkan harga, lihat biaya unit — misalnya, berapa biaya produk per sajian atau per 100 gram.
  • Beli daging untuk dibekukan — hemat uang dengan membelinya pada saat khusus atau saat mendekati tanggal penggunaannya. Anda juga dapat menghemat uang dengan mengasinkan atau membumbui daging sendiri.
  • Belilah sayuran beku dan buah beri —- harga lebih murah dan mereka memiliki nilai gizi yang sama.

Begitulah tips & trik cara menghemat anggaran rumah tangga versi Bacapaja.com. Kalau Kamu gimana? Yuk tulis di kolom komentar!

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.