daftar barang jualan yang harus ada di warung sembako
Ilustrasi Barang-Barang Wajib Yang di Jual di Warung Sembako (Sumber : Unsplash)

Semakin hari, kebutuhan manusia akan kebutuhan pokok semakin banyak dan kompleks saja. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Kebutuhan akan bahan pokok menjadi lebih tinggi karena orang-orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

Peluang ini bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha warung sembako online walaupun ada beberapa orang yang lebih suka untuk membeli kebutuhan pokok langsung di warung fisiknya.

Kemudian muncul pertanyaan saat Kita akan membuka usaha warung sembako atau toko kelontong, yaitu “Barang atau produk apa saja kah yang wajib harus ada di toko warung sembako kita?”, Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut yuk simak artikel berikut sampai selesai.

  1. Beras
Ilustrasi Beras (sumber : Detik)

Beras menjadi barang jualan nomer 1 yang harus ada di warung Kamu. Karena beras merupakan makanan pokok dan pasti banyak dicari oleh orang-orang.

Beras yang Kamu jual bisa dalam bentuk karungan atau juga dalam bentuk eceran. Merk beras yang cukup terkenal bagus dan berkualitas adalah beras Rojo Lele, Setra Ramos, dan Pandan Wangi.

2. Minyak Goreng

Ilustrasi Minyak Goreng (Sumber : product nation)

Selain beras, minyak goreng menjadi barang selanjutnya yang harus Kamu pasang di etalase warung sembako Kamu. Minyak goreng merupakan salah satu komoditas yang sering dibeli oleh masyarakat Indonesia. Karena konsumen Kita suka sekali dengan masakan yang digoreng.

Minyak goreng yang Kamu jual bisa dalam bentuk grosir (dalam kemasan kardus) atau juga dalam bentuk eceran. Merk minyak goreng yang disukai oleh masyarakat Indonesia antara lain Bimoli, Filma, Sunco, Fortune, dan Sania.

3. Tepung Terigu

Ilustrasi Tepung Terigu (sumber harga)

Kemudian barang yang wajib ada di warung Kamu adalah tepung terigu. Tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat kudapan seperti gorengan atau membuat kue.

Berdasarkan Liputan6, ada 3 jenis tepung terigu yaitu tepung protein rendah, tepung protein sedang, dan tepung protein tinggi.

Tepung protein rendah digunakan untuk membuat kue kering seperti cookies dan biskuit. Kemudian untuk tepung protein sedang untuk melapisi berbagai gorengan seperti tempe goreng dan pisang goreng. Lalu yang terakhir adalah tepung protein tinggi. Biasanya digunakan untuk membuat roti atau donat.

Seperti beras, kamu bisa menjual tepung terigu secara karungan atau pun eceran. Merk tepung terigu yang terkenal adalah Kunci Biru, Segitiga Biru, Lencana Merah, dan Cakra Kembar.

4. Mie Instan

Foto Mie Instan (Sumber : Tribunnews)

Siapa yang tidak suka dengan mie instan? Hampir semua masyarakat Indonesia suka sekali makan mie instan. Karena selain murah, mie instan juga dapat menjadi pengganti nasi. Mie yang diminati oleh masyarakat Indonesia adalah mie goreng dan mie kuah.

Mie Instan bisa kita jual kardusan atau satuan. Merk yang terkenal adalah Indomie dan Mie Sedap.

5. Telur Ayam

Gambar Telur Ayam (Sumber : harga)

Telur Ayam menjadi daftar selanjutnya yang harus ada di warung. Karena telur ayam menjadi salah satu bahan pokok untuk mendapatkan sumber protein hewani.

Telur ayam biasanya dijual per butir atau per kilo. Jangan lupa untuk membuat tempat yang cocok untuk menaruh telur-telur agar tidak mudah pecah.

6. Sayur & Buah

Untuk melengkapi kebutuhan pokok, sayur & buah harus masuk dalam daftar. Karena biasanya warung sembako yang ramai, mereka menjual sayur & buah.

Namun harus ada perlakuan khusus terhadap sayur & buah. Misalnya untuk menjaga kesegaran, sayur & buah harus dimasukkan ke dalam cool case. Jika tidak, sayur & buah akan cepat busuk.

7. Cemilan & Makanan Ringan

Gambar Cemilan & Makanan Ringan (Sumber : jaskiat)

Untuk menambah volume penjualan, juallah produk cemilan & makanan ringan. Karena cemilan & makanan ringan ini harganya relatif murah, sehingga pembeli tidak akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Kamu bisa menjual makanan ringan yang manis dan asin seperti wafer, coklat, permen, snack, dll. Pastikan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa produk yang kamu jual, agar pembeli selalu percaya dengan kualitas produkmu.

Baca juga : review lengkap monde choco collon

8. Air Mineral

air mineral
Ilustrasi Air Mineral

Jangan melupakan produk minuman, apalagi air mineral. Produk ini juga sangat laris di pasaran, sehingga harus masuk ke dalam list. Harga pabriknya yang sangat murah menyebabkan kita bisa mengambil untung besar dari harga jual ke pembeli.

Biasanya air mineral dijual dengan 2 tipe yaitu air mineral botol dan air mineral gelas/cup. Kemudian untuk mengakomodasi preferensi konsumen, air mineral dijual dengan versi biasa dan versi dingin.

Merk air mineral yang populer biasanya adalah Aqua, Club, Prima, Cleo, dan Le Minerale.

9. Susu Kemasan

Gambar susu kemasan (sumber : Asian Parent)

Selain air mineral, minuman yang harus ada di warung adalah susu kemasan. Susu kemasan biasanya dibeli untuk pendamping jajan untuk anak. Susu kemasan yang digemari biasanya adalah susu UHT.

Susu kemasan ada yang memiliki kemasan kotak, ada juga yang berbentuk bantal. Namun susu yang lazim biasanya kemasannya berbentuk kotak. Merk susu kemasan yang populer adalah Indomilk, Ultramilk, Milo, Ovaltine, dan lain-lain

Dengan berjualan susu kemasan, dijamin warung kamu akan semakin ramai pengunjung.

Baca juga : review lengkap Lactasoy Chocolate

10. Bumbu Masak

Bumbu masak seperti saus, kecap, penyedap rasa, dan bumbu instan juga banyak dicari oleh Ibu-ibu. Kebanyakan dari mereka malas untuk mengolah sendiri bumbu masak, sehingga hadirnya bumbu masak instan di warung Kamu akan sangat membantu mereka.

Merk bumbu masak yang paling dicari biasanya adalah Bumbu Racik, Ajinomoto, Sajiku, Kecap Bango, Saus Belibis, dan Royco.

11. Sabun & Shampo

Jangan lupakan sabun & shampo untuk mengisi rak warung jualan kamu. Karena sabun & shampo menjadi barang yang dicari di warung dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Kamu bisa menjual sabun dan shampo dalam bentuk sachet atau yang botolan. Cobalah untuk berjualan merk sabun & shampo yang familiar di masyarakat seperti Lifebuoy, Clear, Zinc, Dettol, atau Pantene.

12. Pasta Gigi

pasta gigi

Setelah sabun & shampo, tentunya Kamu harus menambahkan juga pasta gigi. Pasta gigi sangat dibutuhkan masyarakat untuk melengkapi kegiatan di kamar mandi setelah selesai mandi yaitu menggosok gigi. Dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi, gigi menjadi putih dan bau mulut menjadi wangi.

Pasta gigi sendiri memiliki banyak jenis yaitu pasta gigi berfluoride, pasta gigi anti karang, pasta gigi untuk gigi sensitif, dan pasta gigi yang mengandung pemutih. Jenis yang disebut pertama biasanya adalah yang paling banyak dijual di pasaran.

Merk pasta gigi yang mahsyur di Indonesia adalah Pepsodent, Ciptadent, Close Up dan Formula.

13. Popok Bayi

Agar warung Kamu terlihat lengkap, Kamu bisa menambahkan Popok Bayi dalam list. Keluarga yang memiliki bayi biasanya akan sangat royal untuk membeli popok bayi sebagai stok. Oleh sebab itu, menjualnya di warung Kamu bukanlah suatu yang aneh.

Popok bayi sendiri ada 2 macam, yaitu popok perekat dan popok celana. Popok perekat akan lebih mudah dibuka dan pasang untuk anak yang belum bisa berjalan, sedangkan popok celana diperuntukkan untuk anak yang sudah bisa berjalan.

Merk popok yang terkenal di Indonesia adalah Pampers, Merries, Sweety, dan Genki Moko-Moko.

14. Pembalut Wanita

Sesudah menambahkan popok bayi ke dalam list, tidak afdol rasanya jika tidak menambahkan pembalut wanita ke dalam daftar jualan warung Kamu.

Pembalut wanita secara prinsip hampir sama dengan popok bayi, hanya saja perbedaannya pembalut wanita tidak digunakan untuk menampung air kencing atau kotoran melainkan untuk menampung darah akibat menstruasi.

Pembalut wanita yang biasanya dicari adalah merk Laurier, Charm, dan Softex.

15. Obat-obatan

Sebagai pelengkap warung, Kamu bisa menjual obat-obatan di warung Kamu. Obat yang dijual pun haruslah obat-obat yang diperbolehkan untuk dijual di toko diantaranya adalah obat sakit kepala, obat flu, obat sariawan, obat diare, obat penurun demam, koyo, dan salep.

Merk obat yang biasanya tersedia di warung-warung adalah Bodrex, Paramex, Neozep, Tolak Angin, Diapet, Salonpas dan Salep 88.

16. Alat Tulis

Alat tulis menjadi opsi selanjutnya untuk menambah daftar barang jualan kamu. Peralatan tulis mengacu pada peralatan untuk menulis huruf dan gambar, dan peralatan tambahan seperti pengoreksi tulisan.

Cobalah untuk menambahkan pulpen, penggaris, gunting, tipe-x, pensil, dan penghapus untuk peralatan standarnya. Jika ingin terlihat lebih lengkap, Kamu bisa menjual kertas HVS, jangka, buku tulis, buku gambar, dan pensil warna.

17. Rokok

gambar rokok
Gambar Rokok (Sumber : Toledoblade)

Rokok menjadi salah satu barang yang penting untuk dijual di warung Kamu. Karena rokok menjadi kebutuhan utama kalangan perokok. Berjualan rokok dapat meningkatkan omset penjualan warung Kamu. Tapi jual lah rokok kepada orang yang sudah diatas 20 tahun ya jangan kepada anak dibawah umur.

Rokok bisa kamu jual eceran/batangan atau juga per kemasan. Rokok yang populer di kalangan masyarakat adalah Gudang Garam, Sampoerna, Marlboro, dsb.

18. Minuman Sachet

Minuman sachet juga menjadi produk yang sering dibeli orang di warung. Oleh sebab itu cobalah menjual produk minuman sachet di warung Kamu. Minuman sachet ada beragam jenisnya ada minuman susu, kopi, minuman energi, dan juga untuk sari buah.

Minuman sachet yang terkenal adalah Pop Ice, Nutrisari, Extra Joss, Torabika, dan Luwak White Coffee.

19. Baterai

batu baterai

Batu baterai menjadi pilihan sebagai barang pelengkap nomer 19 yang harus ada di warung Kamu. Batu baterai menjadi sumber energi yang murah & banyak dicari orang-orang untuk menghidupkan berbagai macam peralatan elektronik seperti remot, jam dinding, senter, dsb.

Batu baterai sendiri biasanya dijual dalam kemasan berisi 2 baterai, 4 baterai, dan 6 baterai. Jenis baterai yang biasa dijual adalah baterai AA dan AAA.

20. Sarden Kalengan

Gambar Sarden Kaleng

Sebagai pelengkap makanan pokok yang sudah ada di warung, sertakan juga sarden kalengan untuk lauknya. Sarden kalengan dipilih karena masa kadaluwarsanya yang cukup panjang sehingga cukup aman untuk disimpan lama di warung.

Merk Sarden kalengan yang terkenal adalah Sarden ABC, Sarden Gaga, Sarden Botan, dan King Fisher.

21. Sabun Cuci

Apa yang biasanya Ibu-ibu suka beli di warung selain makanan dan minuman? Tentulah sabun cuci. Bisa sabun cuci baju, atau sabun cuci piring.

Kalau warung Kamu menyediakan sabun cuci, dijamin warung kamu akan ramai dan omset warung meningkat.

Merk sabun cuci piring yang terkenal adalah Mama Lemon & Sunlight. Sedangkan untuk sabun cuci baju (deterjen) merk yang populer adalah Rinso, Daia, Soklin, dan Attack.

22. Tisu

Ilustrasi Tisu

Barang pelengkap warung selanjutnya adalah tisu. Tisu digunakan untuk membersihkan noda. Tisu sendiri terdiri dari 2 macam. Yaitu tisu kering dan tisu basah. Kamu bisa menjual kedua jenis tisu tersebut.

Merk tisu yang terkenal di Indonesia adalah Paseo, Nice, Tessa, dan Mitu.

23. Kerupuk

kerupuk kaleng

Masyarakat Indonesia sangat menggemari panganan kerupuk, sehingga tak ada salahnya untuk menjual makanan pendamping nasi ini.

Biasanya kerupuk dijual dalam kemasan kaleng dan pembeli bisa membelinya secara satuan.

24. Obat Serangga

Barang pelengkap nomer 24 untuk warung kamu adalah obat serangga. Bentuk dari obat serangga sendiri biasanya dijual dalam bentuk spray. Merk terkenal dari obat serangga adalah Baygon, Hit, dan Vape.

25. Bohlam Lampu

Gambar bohlam lampu (sumber : Warta Kota)

Barang terakhir yang bisa dijual di warung Kamu adalah bohlam lampu. Bohlam lampu memang bukanlah barang yang pokok namun banyak orang membutuhkannya.

Merk bohlam yang sering dijual di warung adalah Philips, Hannochs, dan Osram.

Nah itulah 25 barang yang wajib ada di warung sembako kamu, kalo misal masih ada yang kurang, boleh tambah di komen ya!

Baca juga :

Hati-hati Teknologi Fast Charging!
Sejarah Angkasa Pura yang Belum diketahui
Gimana Cara Tahu Mahal atau Murahnya saham?

(Visited 23,478 times, 9 visits today)

1 thought on “Daftar Lengkap 25 Barang Jualan Wajib yang Harus Ada Di Warung Sembako Kamu

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.