Ilustrasi Tumbuhan Calladium (Source 123rf.com)

Tanaman hias akhir-akhir ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi tanaman hias dari keluarga talas-talasan seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema yang sedang digandrungi. Selain karena bentuk daun yang cantik, tanaman ini pun mudah dirawat.
Tanaman keluarga talas juga dikenal sebagai famili Araceae. Kelompok tanaman ini merupakan tumbuhan monokotil dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol.

Sejumlah genus dari Araceae banyak dibudidayakan menjadi tanaman hias, sebagian lain menjadi gulma.

Keluarga talas yang sedang populer saat ini adalah Caladium atau keladi, Monstera yang dikenal dengan sebutan janda bolong, serta Aglonema dengan ciri khas daun berwarna merah. Selain itu, ada pula Rhaphidophora dan Scindapsus.

Peneliti tanaman Araceae dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuzammi, mengungkapkan bahwa tanaman keluarga talas cukup mudah dalam perawatannya.

“Untuk merawat tanam talas-talasan cukup mudah dan tidak perlu perawatan khusus,” kata Yuzammi.

Berikut adalah cara mudah merawat Caladium, Monstera, dan Aglonema.

  1. Media tanam lembap

Pastikan media tanam harus selalu lembap yakni tidak terlalu basah dan tidak juga terlalu kering.

  1. Hindari dari cahaya matahari langsung

Tempatkan tanaman talas seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema di lokasi yang terhindar dari cahaya matahari langsung. Cahaya matahari langsung dapat menyebabkan tanaman daun terbakar.

  1. Buang bagian yang terkena hama

Apabila ada bagian tanaman yang terkena penyakit atau hama segera potong dan buang bagian tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

  1. Siram tanaman
    Untuk menyuburkan tanaman, keluarga talas dapat disiram dengan air maupun menggunakan pupuk kompos. Yuzammi juga menyarankan menyiram tanaman dengan air cucian beras karena bernutrisi tinggi untuk tanaman talas-talasan.

“Untuk menyuburkan tanaman bisa dilakukan secara murah dan mudah adalah dengan menyiramkan tanam secara rutin dengan air cucian beras,” tambah Yuzammi.

  1. Memperbanyak tanaman
    Untuk memperbanyak batang dan daun tanaman talas-talasan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memanfaatkan umbi, biji, rimpang, stek.

Perhatikan tanaman talas-talasan seperti Caladium, Monstera, dan Aglonema setiap hari untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik dan daun-daun yang cantik bermekaran sempurna.

Sumber : CNN Indonesia

(Visited 34 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.