Saat masa sekolah dasar pasti kita pernah merasakan masa-masa saat disuruh oleh Guru untuk membawa kertas karton untuk pelajaran seni rupa ya. Tapi kalian tahu gak sih cara untuk membuat kertas karton?

Karton adalah bahan berbahan dasar kertas yang tebal. Meskipun tidak ada perbedaan antara kertas biasa dan kertas karton, kertas karton umumnya lebih tebal (biasanya lebih dari 0,30 mm, 0,012 inci, atau 12 poin) daripada kertas biasa dan memiliki atribut unggul tertentu seperti kemampuan lipat dan kekakuan. Menurut standar ISO, kertas karton adalah kertas dengan gramatur di atas 250 g/m2. Karton dapat berupa satu lapis atau banyak lapis. Itulah mengapa kertas karton lebih sulit dipotong dibandingkan kertas lain (kertas biasa, kertas asturo, kertas koran).

Karton biasanya digunakan untuk kemasan karena mudah dipotong dan dibentuk, ringan, dan kuat. Selain itu, kertas karton juga sering digunakan untuk pencetakan grafis berkualitas tinggi, seperti sampul buku dan majalah atau kartu pos. Karton juga digunakan dalam seni rupa untuk membuat patung.

Cara Membuat/memproduksi kertas karton

Konsep memproduksi karton adalah membuat bubur kertas menggunakan bahan berserat yang kemudian akan di esktraksi menjadi pulp. Setelah menjadi pulp, langkah selanjutnya adalah dilakukan bleaching atau pemutihan dan proses terakhir diakhiri dengan proses coating (pelapisan)

Bahan baku karton
Bahan berserat yang disebutkan di atas dapat berasal dari kayu atau dari kertas bekas daur ulang. Sekitar 90% kertas terbuat dari bubur kayu. Saat ini kemasan karton secara umum, dan khususnya produk dari sumber berkelanjutan bersertifikat, mendapat perhatian baru, karena produsen yang berurusan dengan masalah lingkungan, kesehatan, dan peraturan mencari sumber daya terbarukan untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Sekarang, di banyak negara, kemasan berbasis kertas diwajibkan untuk diproduksi seluruhnya atau sebagian dari bahan daur ulang.

Pembuatan pulp
Dua metode utama untuk mengekstraksi serat dari sumbernya adalah:

Pembuatan pulp kimia : menggunakan larutan kimia untuk mengubah kayu menjadi pulp, menghasilkan sekitar 30% lebih sedikit daripada pulp mekanis.
Pulp termo mekanis : proses dua tahap yang menghasilkan hasil serat kayu yang sangat tinggi.


Pemutihan (bleaching)
Pulp yang digunakan dalam pembuatan kertas karton dapat diputihkan untuk mengurangi warna dan meningkatkan kemurnian. Pulp serat secara alami berwarna coklat, karena adanya lignin. Kertas karton daur ulang mungkin mengandung bekas tinta, bahan pengikat, dan residu lain yang membuat warnanya menjadi abu-abu.

Meskipun pemutihan tidak diperlukan untuk semua penggunaan akhir, sangat penting untuk banyak tujuan grafis dan pengemasan.

Coating (pelapisan)
Untuk meningkatkan keputihan, kehalusan dan kilap kertas karton, satu atau lebih lapisan pelapis diberikan pada kertas karton. Kertas berlapis biasanya terdiri dari:

(Visited 106 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.