bivvying adalah
Seorang wanita sedang menyiapkan Bivvy Bag (sumber : Lotsafreshair)

Ada satu kegiatan yang sedang tren di luar negeri saat ini, yaitu Bivvying. Kami belum menemukan padanan kata yang pas dalam Bahasa Indonesianya. Namun kurang lebih Bivvying adalah sebuah kegiatan berkemah tanpa tenda dan dengan peralatan berkemah seminimal mungkin. Tenda dapat diganti dengan tas bivak (bivvy).

Bivvy bukanlah tentang istirahat malam yang nyaman dalam sebuah tenda, tapi tentang menikmati malam di luar rumah/ alam liar. Mendengar suara binatang di malam hari dan merasakan liarnya hawa dingin di alam terbuka. Atau sekedar melihat bintang jatuh di langit.

Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Melakukan Bivvy?

Kantong tidur atau sleeping bag adalah salah satu alat utama untuk melakukan Bivvy. Kantong tidur akan membuat Kamu tetap hangat di malam hari. Sebuah bivvy, atau tas bivak, juga sangat penting untuk menjaga embun dari kantong tidur Kamu (anggap saja sebagai tenda ringan mini tanpa tiang, tali dan pasak). Jangan lupa juga untuk menyiapkan alas tidur/matras. Selain melindungi Kamu dari tanah, matras menyediakan insulasi. Menyelipkan alas tidur Kamu terlebih dahulu, lalu kantong tidur Kamu di dalam tas bivak membuat Kamu siap untuk bermalam di luar.

Dimana Lokasi Untuk Melakukan Bivvy?

Jangan jauh-jauh dan tetaplah berada di lokasi dekat daerah rumah Kamu. Karena Kamu gak perlu khawatir jika cuaca buruk datang. Kegiatan Bivvy ini cocok dilakukan di saat malam yang sejuk dan kering.

Ilustrasi kegiatan Bivvy (sumber : the guardian)

Cobalah untuk makan malam dan sarapan di rumah, sehingga Kamu tidak perlu membawa makanan dan peralatan memasak, yang membantu Kamu untuk tidak meninggalkan jejak/sampah. Tapi jika ingin tetap membawa bekal, bawalah makanan dan minuman secukupnya. Jika Kamu membutuhkan air panas atau ingin memasak, gunakan kompor berkemah atau cukup bawa air mineral dalam botol.

Paling enak melakukan Bivvy dengan siapa saja?

Melakukan Bivvy paling enak tentunya hanya dengan sedikit teman, karena inti dari kegiatan ini adalah menikmati alam dan menjaga keintiman dengan teman atau pasangan Kamu. Membawa banyak teman tentunya akan mengganggu keintiman tersebut dan lebih banyak kepala akan membuat Kamu pusing.

Tapi pada akhirnya, kegiatan Bivvying bukanlah untuk semua orang. Jika Kamu dan temanmu menyukai petualangan, privasi, dan kemampuan untuk bergerak dengan bebas, serta mau tidur dalam sleeping bag di alam terbuka, kegiatan ini sangat cocok buat Kalian.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.