Rusia menjatuhkan sanksi terhadap ratusan anggota parlemen Inggris dalam langkah balasan setelah otoritas Inggris pada Maret lalu menjatuhkan sanksi terhadap 386 anggota parlemennya. Sanksi dari Moskow ini mencakup larangan masuk ke wilayah Rusia.
Seperti dilansir CNN dan AFP, Kamis (28/4/2022), Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa sanksi itu mencakup larangan masuk bagi 287 anggota parlemen Inggris ke wilayah Rusia, setelah Inggris memasukkan nama-nama anggota parlemen Rusia ke dalam daftar hitam terkait invasi Moskow ke Ukraina.

“Merespons keputusan yang diambil oleh pemerintah Inggris pada 11 Maret yang menambahkan 386 deputi Duma ke dalam daftar sanksi, dalam langkah timbal balik, pembatasan pribadi diberlakukan terhadap 287 anggota House of Commons,” sebut Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya.

Baik anggota parlemen dari Partai Konservatif maupun Partai Buruh masuk ke dalam daftar sanksi Rusia tersebut. Total terdapat 650 anggota dalam House of Commons Inggris.

Moskow menyebut daftar itu terdiri atas para anggota parlemen yang dianggap memainkan ‘bagian paling aktif’ dalam menyusun sanksi-sanksi anti-Rusia dan berkontribusi terhadap ‘histeria Russophobia’.

Nama kepala Staf Downing Street atau kantor PM Inggris Steve Barclay dan Ketua House of Commons Lindsay Hoyle masuk dalam daftar anggota parlemen Inggris yang dijatuhi sanksi oleh Rusia tersebut. Ada juga nama Menteri Brexit Jacob Rees-Mogg dan Menteri Lingkungan George Eustice.

Sumber : Detik

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.