liga 1
Ilustrasi Liga 1 (sumber : CNN)

Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri Kombes Pol Budi Sajidin menyebut pihak kepolisian telah memberikan lampu hijau bergulirnya Liga 1 tahun 2021.


PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar Liga 1 2021 setelah Lebaran. Liga 1 musim baru ini dirancang setelah dibatalkannya Liga 1 2020 yang sempat beberapa kali tertunda karena tidak terbitnya izin keamanan efek pandemi Covid-19.

“Lampu hijaunya adalah kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri Imam Sugianto yang menyatakan bahwa untuk tata cara kegiatan Liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan, ini sudah dipertimbangkan,” kata Budi Sajidin, dalam webinar yang diadakan SIWO Pusat secara virtual, Rabu (3/2).

Budi menjelaskan selama ini Polri belum bisa memberikan izin keramaian buat Liga 1 karena kebijakan dari Kapolri sebelumnya pada November belum dicabut. Polri tidak boleh memberikan izin keramaian untuk seluruh kegiatan termasuk kegiatan olahraga, tetapi terkecuali untuk Pilkada yang berakhir 9 Desember lalu.

Budi mengungkapkan pihak kepolisian memahami keinginan masyarakat agar Liga 1 2021 bisa digelar. Namun, ia menyatakan bergulirnya Liga 1 2021 harus dipastikan berlangsung tanpa penonton.

“Kemungkinan ini juga, banyak kesepakatan dari Satgas, KONI, Kemenpora, cabor, dan protokol dijaga. Ini akan dibahas. Kemungkinan pihak Polri untuk sepak bola tanpa penonton bisa dilaksanakan. Olahraga lain silakan diajukan.”

“Larangan bukan harga mati. Ke depan bisa dilaksanakan tentu dengan protokol yang ketat. Sudah ada lampu hijau. Kesepakatan ini dibangun sama seperti Pilkada kemarin. KPU, Bawaslu pakai protokol, ada 14 persyaratan dalam TPS. Persyaratan itu akan meloloskan izin keluar,” jelas Budi.

Sumber : CNN Indonesia

(Visited 59 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.