Netizen Indonesia tiba-tiba gempar ketika akun Instagram Adidas Singapore @adidassg mengatakan jika wayang kulit adalah warisan budaya dari Malaysia.

Klaim tersebut tercantum dalam caption di salah satu postingan video mereka saat meluncurkan produk sepatu terbaru mereka. Dalam captionnya, Adidas Singapore bekerja sama dengan designer grafis asal Malaysia, Jaemy Choong untuk merayakan warisan budaya Malaysia yaitu wayang kulit.

Jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya seperti ini :

Rayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC, di #UltraBOOST DNA City Pack kami berikutnya!
Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST.
Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!

Dalam video tersebut terlihat jelas pementasan wayang kulit yang biasanya kita lihat di Indonesia beserta desain sepatu dengan gambar wayang di sepatunya. Postingan tersebut hingga berita ini diturunkan mendapat 25.392 views, 392 likes, dan 3,518 komentar.

Tentunya komentar-komentar sebanyak itu datang dari netizen Indonesia yang geram karena lagi-lagi budayanya di klaim oleh Malaysia.

Wayang Kulit sendiri  telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang berasal dari Jawa, Indonesia.

(Visited 335 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.