Berikut adalah cara untuk membuat laptop kamu agar lebih tahan lama :

  1. Ubah Profil Daya Kamu menjadi Mode Penghemat Daya
    Laptop Windows hadir dengan opsi untuk mengubah profil daya di menu Pengaturan Daya dan Mode Tidur. Pilih mode Penghemat Baterai untuk mengoptimalkan laptop Kamu agar fokus pada efisiensi daripada kinerja. Itu bisa sangat membantu memperpanjang masa pakai baterai.
  2. Kecerahan Layar Lebih Rendah
    Layar resolusi tinggi yang cerah merupakan faktor utama dalam menguras masa pakai baterai laptop Kamu. Meskipun Kamu tidak dapat berbuat banyak tentang resolusinya setelah Kamu membelinya, Kamu dapat menurunkan kecerahan untuk membuatnya menggunakan daya sesedikit mungkin. Ini akan membuat laptop lebih membosankan untuk dilihat, jadi ini bukan yang terbaik untuk menonton film bermain game, dan dapat mempersulit melihat layar saat Kamu berada di lingkungan yang terang (terutama di luar ruangan).
  3. Matikan Lampu Latar Keyboard
    Lampu latar keyboard sangat berguna untuk mengetik dalam gelap, tetapi juga membutuhkan daya, yang berarti itu adalah sumber lain dari penggunaan baterai. Jika masa pakai baterai penting, lakukan yang terbaik tanpa lampu latar dan matikan.
  4. Cabut Perangkat Eksternal yang Tidak Anda Butuhkan
    Semua perangkat eksternal mengambil daya dari laptop Kamu, baik secara eksklusif diberdayakan olehnya, atau menggunakannya untuk mengisi daya baterai internal mereka sendiri. Jika Kamu memiliki perangkat seperti ponsel, hard drive eksternal, atau layar eksternal yang dicolokkan ke port USB di laptop, perangkat tersebut akan menarik daya darinya dan karenanya mengurangi masa pakai baterai laptop Kamu. Jika Kamu tidak menggunakannya, atau dapat mengisi dayanya di tempat lain, cabut kabelnya untuk memperpanjang baterai laptop Kamu.
  5. Jaga suhu laptop tetap dingin
    Baterai tetap lebih efisien dan bertahan lebih lama bila disimpan di sekitar suhu kamar atau bahkan sedikit di bawahnya, jadi lakukan yang terbaik untuk menjaga laptop Kamu agar tidak panas. Itu berarti memastikan bahwa Kamu tidak menggunakannya di ruangan yang terlalu panas, atau dalam cahaya langsung, dan idealnya, pastikan laptop itu sendiri memiliki banyak ventilasi untuk memastikannya dapat mendinginkan komponennya dengan cukup baik untuk menghindari pembentukan panas yang berlebihan.
  6. Matikan atau Pilih Mode Hibernasi Saat Tidak Digunakan
    Jika Kamu tidak sedang menggunakan laptop, matikan, atau atur ke mode hibernasi setelah beberapa saat tidak aktif. Bahkan saat duduk diam, itu akan menghabiskan masa pakai baterai—hanya karena layar mati bukan berarti pengisian dayanya tidak lambat. Matikan jika Kamu sudah selesai menggunakannya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai baterai laptop

  1. Mengapa Baterai Laptop Saya Hanya Bertahan 30 Menit?
    Beberapa laptop hanya memiliki daya tahan baterai yang pendek karena memiliki komponen yang kuat, baterai yang kecil, atau sudah tua. Kamu dapat menggunakan teknik di atas untuk mencoba memperpanjangnya, tetapi masa pakai baterai 30 menit mungkin berarti baterai Kamu menjadi tidak efisien dan kehilangan daya selama masa pakainya. Mungkin sudah waktunya untuk penggantian baterai atau laptop. Atau, biarkan terpasang dan gunakan sebagai jenis sistem desktop.
  2. Bisakah Saya Membiarkan Laptop Saya Tercolok Charger Sepanjang Malam?
    Ya, tidak apa-apa membiarkan laptop Kamu tetap terhubung dalam semalam jika Kamu memiliki laptop dengan teknologi terkini. Mesin yang lebih baru memiliki sirkuit built-in untuk mendaur ulang baterai selama periode pengisian yang lama untuk memastikan Kamu tetap mendapatkan masa pakai baterai yang maksimal. Namun, untuk laptop dengan model lama, Kamu harus memeriksa dengan pabrikan untuk melihat apa yang mereka rekomendasikan. Aturan praktis yang lama adalah mengisi daya hingga 80% dan kemudian mencabutnya, tetapi, tentu saja, itu hampir tidak mungkin dilakukan saat Kamu tidur.
  3. Apakah Buruk Membiarkan Laptop Anda Tercolok Sepanjang Waktu?
    Aturan yang sama berlaku seperti di atas: Tidak apa-apa jika Kamu memiliki laptop modern (dengan teknologi terbaru). Jika Kamu cuma menggunakan laptop lama , pertimbangkan untuk menggantinya dengan mesin desktop. Itu, jelas, dimaksudkan untuk dicolokkan setiap saat dan dapat menawarkan lebih banyak daya dengan lebih sedikit uang yang akan keluar.
(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.