Ilustrasi perawatan kulkas (sumber : grime-scrubbers)

Di zaman modern ini, memiliki kulkas adalah suatu kewajiban bagi sebuah keluarga. Karena dengan adanya kulkas, stok makanan yang dimiliki dapat disimpan lebih lama, sehingga stok makanan lebih awet dan terjaga kesegarannya. Namun membeli kulkas tanpa pernah merawatnya, tentu saja adalah hal yang harus dihindari, karena kulkas akan mudah rusak jika kita tidak rutin merawatnya.

Nah berikut adalah 8 tips untuk merawat kulkas Kamu agar tidak cepat rusak :

  1. Membersihkan Dalam Kulkas Secara Berkala
membersihkan-kulkas-bagian-dalam

Bersihkan bagian dalam kulkas minimal sebulan sekali secara rutin dan berkala agar tetap bersih. Sebagai catatan Kulkas tidak harus mati saat dibersihkan, Kamu dapat melakukan bersih-bersih saat kulkas dalam keadaan menyala.

2. Mengatur Suhu Dalam Kulkas Dengan Tepat

Untuk menghindari kerusakan di dalam kulkas, jangan mengatur suhu kulkas yang terlalu dingin. Suhu normal pada kulkas rata-rata adalah 4 derajat Celsius, dan suhu pada freezer berkisar -17 derajat Celsius.

3. Tetap Menggunakan Kulkas Untuk Menyimpan Sesuatu

Hindari kulkas dalam keadaan kosong. Apabila kulkas dalam keadaan hidup, tetapi di dalam kulkas tidak menyimpan sesuatu maka kulkas tetap melakukan pendinginan. Lebih baik kulkas tidak dioperasikan untuk menghemat listrik.

4. Membersihkan Kondensor Kulkas

Kondensor adalah komponen penting pada kulkas, karena jika ada debu atau kotoran yang terkumpul di kondensor coilnya, maka hal itu bisa menghambat kerja kipas pada kulkas.

5. Usahakan Tidak Sering Membuka dan Menutup Kulkas

buka-tutup-kulkas

Kegiatan ini membuat bakteri dan kuman masuk ke dalam kulkas dengan mudah. Udara dingin didalam kulkas akan banyak keluar dan membuat kulkas berupaya keras untuk mempertahankan suhu dinginnya. Jadi jangan sering-sering untuk membuka tutup kulkas ya.

6. Tidak Menyimpan Makanan atau Minuman Yang Bersuhu Panas

Jangan terlalu sering menyimpan makanan atau minuman panas dalam kulkas. Hal ini membuat kompresor pada kulkas bekerja keras untuk menurunkan suhu sehingga kulkas dapat mengalami kerusakan.

7. Memastikan Wadah Yang Tersimpan Tertutup Rapat

wadah di kulkas

Menyimpan makanan sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah dan ditutup rapat, agar kulkas dapat menjaga kelembabannya.

8. Memeriksa Bantalan Karet Secara Rutin

Jika jarang dibersihkan banyak kotoran yang akan menempel pada gasket (bantalan karet dipintu kulkas) sehingga menyebabkan udara dari luar dapat keluar masuk melalui sela-selanya. Kotoran ini dapet dibersihkan menggunakan air hangat dan sabun.

Sumber : @panggiltukang

Itu tadi 8 tips untuk merawat kulkas agar tidak cepat rusak, semoga bermanfaat ya!

(Visited 173 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.