Ilustrasi dari NFT (sumber : 99design)

Dunia digital memang gak ada matinya. Setelah dunia digegerkan dengan adanya mata uang digital (kripto), sekarang hadir lagi produk digital yang bernama NFT. NFT singkatan dari Non fungible token. NFT sendiri adalah sejenis karya seni digital yang bisa kamu jual dengan menggunakan mata uang kripto.

Topik ini benar-benar baru dan buat Kamu yang ingin memasuki dunia NFT, ada 8 istilah yang harus kamu pahami. Berikut adalah daftar istilah dalam NFT yang harus Kamu ketahui :

  1. Mint
    Mint dalam dunia NFT dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menguplod karya seni NFT ke dalam sistem blockchain.
  2. DYOR
    DYOR adalah singkatan dari Do Your Own Research. DYOR dimaksudkan agar Kamu melakukan riset terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian yang besar saat bermain NFT.
  3. Floor Price
    Floor price adalah harga jual terendah suatu NFT pada marketplace dan bukan harga rata-rata suatu item. Floor price akan diperbarui otomatis secara real-time oleh sistem.
  4. Gas Fee
    Gas fee di NFT adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh user ketika Ia sedang melakukan transaksi atau membuat kontrak baru pada sistem blockchain. Satuan gas fee dalam blockchain disebut Gwei. Gas fee memiliki nominal yang tidak menentu, karena di setiap NFT marketplace memiliki kurs yang berbeda-beda.
  5. OG
    Singkatan dari Original Gangster yang merujuk pada orang-orang yang telah ada lebih dulu pada sebuah komunitas. Bisa dibilang OG adalah orang yang sudah punya banyak pengalaman di dunia NFT
  6. WAGMI
    WAGMI atau We All Gonna Make It adalah perasaan gembira yang ditunjukkan seseorang apabila ada orang yang membeli seni digital NFT.
  7. NGMI
    Singkatan dari Not Gonna Make It, bisa dibilang ini adalah kebalikan dari WAGMI, NGMI adalah perasaan kecewa saat mengambil keputusan pembelian yang kurang tepat.
  8. FOMO
    FOMO berarti Fear of Missing Out, merujuk pada perasaan cemas yang dimiliki seseorang akibat ketinggalan suatu tren. Dalam dunia NFT, kolektor bisa saja terburu-buru saat membeli seni digital karena takut ketinggalan tren. Hal itu dapat merugikan kolektor jika tidak mengambil keputusan dengan matang.

Baca Juga :
10 game NFT yang bisa bikin kamu cuan

(Visited 482 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.