Ilustrasi Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial (Financial Freedom) adalah tentang bagaimana mengelola kepemilikan keuangan Anda. Saat memiliki kebebasan finansial, Anda memiliki arus kas yang dapat diandalkan yang memungkinkan Anda menjalani kehidupan yang Anda inginkan. Anda tidak akan pernah khawatir tentang bagaimana Anda akan membayar tagihan atau pengeluaran tiba-tiba. Dan Anda juga tidak dibebani dengan tumpukan hutang.

Ini tentang menyadari bahwa jika Anda memiliki hutang, artinya Anda membutuhkan lebih banyak uang untuk membayar hutang dan mungkin Anda harus meningkatkan pendapatan Anda dengan mencoba sedikit kerja sampingan. Ini juga tentang merencanakan situasi keuangan jangka panjang Anda dengan secara aktif menabung untuk masa pensiun.

Berikut adalah 6 tips untuk mencapai kebebasan finansial dengan cepat :

  1. Pahami posisi keuangan Anda saat ini
    Anda tidak dapat mencapai kebebasan finansial tanpa mengetahui titik awal keuangan Anda. Cobalah untuk melihat berapa banyak hutang yang Anda miliki, berapa banyak pengeluaran yang Anda miliki, dan berapa banyak uang yang Anda butuhkan. Ini bisa menjadi sebuah kenyataan yang menyedihkan untuk Kita. Tapi ini adalah langkah berharga ke arah yang benar.

    Kumpulkan daftar semua hutang Anda: hipotek, pinjaman mobil, kartu kredit, dan hutang lain yang mungkin telah Anda kumpulkan. Jangan lupa untuk memasukkan uang yang mungkin Anda pinjam dari teman atau anggota keluarga selama bertahun-tahun.

    Sekarang, coba tarik napas dalam-dalam. Dan satu lagi. Kemudian jumlahkan semua angka.

    Berapa banyak hutang yang Anda miliki?

    Jika jumlahnya besar, jangan panik. Jika jumlahnya kecil, selamat! Jangan ragu untuk membagikan tip kebebasan finansial Anda di komentar di bawah.

    Selanjutnya, lihat semua uang yang telah Anda tabung selama ini.

    Kumpulkan daftar semua tabungan Anda: rekening tabungan, saham, program pensiun perusahaan, dan tabungan rencana pensiun. Kemudian jangan lupa juga untuk menambahkan pendapatan bulanan berulang yang Anda terima seperti gaji, uang sampingan, dan sebagainya.
  2. Lihatlah Uang Secara Positif
    Hutang pasti bisa sedikit mengecewakan.

    Tetapi ingatlah bahwa uang adalah hal yang baik, meskipun tampaknya membawa banyak beban saat ini. Anda berhak mencapai kebebasan finansial.

    Menurut buku “You Are a Badass at Making Money” Karya Jen Sincero, orang yang tidak menghasilkan banyak uang sering merasa malu ketika harus menghasilkan uang. Jadi, kendala terbesar yang dialami banyak orang dalam hal menghasilkan uang adalah mereka merasa memiliki uang adalah hal yang buruk. Banyak yang merasa bersalah karena memilikinya dan merasa bersalah karena menginginkannya. Sincero pernah berkata tentang uang, “Kami menggunakannya setiap hari untuk meningkatkan kehidupan kami, namun kami sepertinya selalu berfokus pada hal negatif tentangnya”.

    Uang hanyalah kebutuhan seperti makanan atau air. Ini membantu Anda membeli hal-hal yang Anda butuhkan dan menjalani kehidupan yang Anda inginkan.

    Untuk mengalami kebebasan finansial, Anda perlu melihat uang sebagai alat untuk membantu Anda mencapai impian, mengisi energi, dan menjalani kehidupan bebas stres yang dapat Anda nikmati.

    Karena jika Anda memandang uang secara negatif, Anda secara tidak sadar akan menyabotase peluang Anda untuk menghasilkan dan menyimpannya.
  3. Tuliskan tujuan Anda

    Mengapa Anda butuh uang?

    Apakah Anda ingin menghilangkan hutang untuk selamanya?
    Apakah Anda putus asa untuk menghindari kesibukan kerja?
    Apakah ada tempat yang selalu ingin Anda kunjungi?
    Apakah Anda perlu menabung untuk pernikahan, anak-anak, atau pensiun?

    Ketika seseorang mencapai kebebasan finansial, itu karena seseorang mengikatnya pada tujuan emosional. Tujuan utama seseorang biasanya adalah untuk keluar dari hutang kartu kredit, pinjaman online dan menabung untuk cicilan rumah. Akan sangat bahagia ketika melihat nominal hutan berkurang dan rekening tabungan meningkat.

    Anda pasti menjadi sangat bersemangat melihat angka di tabungan berubah sehingga Anda akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak uang untuk melihat perubahan yang lebih besar dalam keuangan pribadi Anda. Apakah Anda akan mencapai kebebasan finansial jika Anda tidak mengikat tujuan pada sesuatu yang emosional? Mungkin tidak. Anda sangat ingin keluar dari hutang dan pindah dari rumah orang tua. Keputusasaan itu membuat Anda termotivasi sepanjang perjalanan hidup Anda.

    Anda mungkin tidak mencapai semua yang Anda inginkan dalam sebulan. Tapi setahun adalah waktu yang lama untuk membuat kemajuan dalam tujuan Anda. Pastikan tujuan Anda terikat dengan angka tertentu yang ingin Anda capai. Percaya atau tidak, Anda akan mulai bekerja untuk mencapai tujuan tersebut tanpa menyadarinya.

    Mengetahui dengan tepat apa yang ingin Anda capai membuat mencapai kebebasan finansial jutaan kali lebih mudah.
  4. Lacak Pengeluaran Anda

    Langkah penting menuju kebebasan finansial selanjutnya adalah melacak pengeluaran Anda.

    Anda dapat menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran seperti Mint (Income-Expense Manager) – bisa di download di Playstore. Aplikasi ini akan memberi tahu Anda berapa banyak uang yang Anda belanjakan, kategori mana yang Anda keluarkan lebih banyak, berapa banyak uang di semua akun Anda, dan berapa banyak hutang yang Anda miliki.

    Hal keren lainnya tentang Mint adalah memungkinkan Anda menetapkan tujuan di dalam dasbor. Anda dapat melacak tujuan Anda dan mengetahui bulan persisnya Anda diharapkan untuk mencapai tujuan berdasarkan berapa banyak uang yang Anda masukkan. Dengan demikian, Anda tetap dapat mempertanggungjawabkan dan mengingatkan Anda untuk terus menabung agar tujuan Anda tercapai.
  5. Bayar Diri Anda Dulu
    Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “bayar diri Anda dulu” sebelumnya. Tetapi jika Anda belum melakukannya, “bayar diri Anda dulu” berarti memasukkan sejumlah uang tertentu ke rekening tabungan Anda sebelum membayar apa pun, seperti tagihan. Dan tindakan membayar diri sendiri lebih dulu telah membantu banyak orang mendekat untuk mencapai kebebasan finansial.

    Mengapa?

    Karena jika Anda ingin membayar diri Anda sendiri Rp 1,000,000 per periode pembayaran terlebih dahulu, apa pun yang tersisa harus digunakan untuk tagihan. Dan jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tersebut, maka Anda terpaksa mengambil pendapatan tambahan untuk menutupi biaya tersebut.

    Dengan membayar diri sendiri lebih dulu, Anda menjamin bahwa Anda selalu menyisihkan uang untuk berinvestasi pada diri sendiri. Dengan melakukan hal sebaliknya, Anda hanya mendapatkan apa pun yang tersisa, yang biasanya tidak cukup substansial untuk membantu Anda mengalami kebebasan finansial.

    Anda juga dapat membayar diri Anda sendiri terlebih dahulu dengan cara lain. Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki program tabungan pensiun, Anda dapat meminta penarikan uang untuk masa pensiun Anda. Dengan begitu, Anda berinvestasi pada diri sendiri dan masa depan Anda terlebih dahulu. Uang akan dipotong dari gaji Anda sehingga semua yang tersisa adalah uang yang dapat Anda sisihkan untuk tagihan dan pengeluaran Anda.
  6. Mencari Sumber Pendapatan Lain

    Oke, jadi pada titik ini, Anda mungkin berpikir, “Hutang saya ternyata jauh lebih banyak daripada gaji saya, bagaimana saya bisa melunasinya jika penghasilan saya tidak cukup?”

    Jika Anda serius tentang kebebasan finansial, Anda harus mengorbankan darah, keringat, dan air mata.

    Bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore mungkin tidak dapat mengurangi jumlah hutang Anda. Jika itu masalahnya, Anda perlu meningkatkannya dan mencari uang di luar pekerjaan Anda saat ini.

    Beberapa ahli merekomendasikan memiliki tujuh aliran pendapatan. Jika Anda memiliki satu pekerjaan, selamat, berarti tinggal enam lagi!

    Sekarang, Anda dapat melihat sumber pendapatan Anda dalam dua cara: pendapatan aktif (menukar waktu dengan uang) atau pendapatan pasif (uang yang dapat terus masuk, bahkan saat Anda tidur).

    Jika Anda menukar waktu Anda dengan uang, Anda dibatasi oleh jam-jam dalam sehari. Berikut adalah beberapa pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan aktif:

    a. Menjadi penulis lepas yang mencari pekerjaan di ProBlogger
    b. Membantu pemilik bisnis sebagai asisten virtual dengan pekerjaan di Upwork
    c. Dapatkan keterampilan baru melalui kursus online untuk wirausahawan dan hasilkan uang
    d. Menjadi pengemudi online
    e. Membantu tugas-tugas rumah tangga di Task Rabbit
    f. Ambil pekerjaan aneh dan kebetulan di Craigslist
    g. Aktif Bermain Tiktok
    h. Dan banyak lagi!

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan penghasilan, Anda dapat fokus untuk meningkatkan aliran pendapatan Anda dengan penghasilan pasif seperti:

  • Memulai toko online dropshipping
  • Mulailah bisnis pakaian khusus Anda sendiri di Shopify
  • Menjual konten yang menguntungkan (blog, ebook, kursus, webinar, buku audio, podcast, aplikasi)
  • Menjadi pemasar afiliasi (afiliasi marketing)
  • Beli properti dan sewakan
  • Investasikan di saham

Untungnya, tujuh aliran pendapatan Anda semuanya dapat berasal dari sumber yang sama. Misalnya, jika Anda seorang ahli e-commerce, arus pendapatan Anda dapat berasal dari membuat tujuh toko berbeda. Dan ingat: Anda tidak perlu memulai dengan tujuh aliran, Anda dapat meningkatkannya dari waktu ke waktu.

Kebebasan finansial dapat membantu Anda mengambil kepemilikan atas keuangan Anda dan, yang lebih penting, hidup Anda. Ini tentang hidup sesuai kemampuan Anda, menjadi sedikit hemat, dan memastikan bahwa uang dihabiskan untuk hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan seperti makanan, tempat tinggal, dan bahkan liburan (relaksasi juga penting, Anda tahu). Dengan mengikuti tips kebebasan finansial dalam artikel ini, Anda akan semakin dekat untuk mencapai kebebasan finansial yang layak Anda dapatkan.

Jadi lihatlah keuangan itu, bangun aliran pendapatan tambahan, bayar hutang itu, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda sudah akan bebas secara finansial.

Baca Juga :

Tiktok Cash Beneran Bayar Membernya? Awalnya Ga Percaya

Tiktok Cash : Solusi Menghasilkan Uang Dengan Mudah

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.