Bisa membuat konten untuk sosial media perusahaan merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki di jaman digital seperti sekarang. Karena konten di sosial media dapat menjadi salah satu cara perusahaan untuk melakukan branding atau pencitraan. Namun banyak orang yang tidak memahami bagaimana cara membuat konten, karena tidak pernah diajarkan di bangku sekolah.

Untuk mempermudah kalian dalam membuat konten, maka Kami tim Bacapaja mencoba untuk membuat daftar 20 jenis konten sosial media untuk membantu kebutuhan branding perusahaan. Berikut adalah daftarnya :

1. Product Highlight

Product highlight adalah salah satu tipe konten dasar di setiap postingan perusahaan/brand. Pada tipe konten ini Kamu dapat meng-highlight produk kamu dengan USP (Unique Selling Preposition) nya. Misal jika produk kamu adalah Kopi, maka ceritakan apa bedanya kopi Kamu dengan kopi merek lain.

2. Trivia

Konten trivia biasanya berupa fakta/informasi yang banyak orang tidak tahu. Konten bertipe seperti ini biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh followers kita.

3. Ucapan Hari Besar/Hari Raya

Konten ucapan hari besar/ hari raya juga merupakan salah satu konten dasar yang harus ada di sosmed perusahaan. Tujuannya agar followers melihat jika perusahaan kita sangat menghargai/menghormati hari besar atau hari raya agama.

4. Promo

Konten promo dapat menaikkan penjualan di perusahaan Kamu. Jadi cobalah sesekali membuat postingan untuk promo.

5. Quiz/Competition

Kalau engagement di sosial media Kamu menurun, cobalah untuk membuat konten yang bertipe quiz atau kompetisi. Dengan adanya konten quiz, dijamin engagement rate akun perusahaan Kamu akan meningkat.

6. Event announcement

Bagi Kamu yang perusahaannya memiliki event offline atau online, Kamu bisa membuat konten di sosial media yang berjenis Event Announcement.

7. Artistic post

Agar feed IG perusahaan Kamu terlihat cantik, coba deh untuk buat konten bertipe artistik seperti postingan di atas.

8. Soft selling content

Soft selling ini sebenarnya adalah bentuk lain dari product highlight, bedanya produk di “jual” dalam bentuk soft sell atau bisa dibilang tidak secara gamblang. Produknya bisa ditaruh atau diselipkan dalam sebuah scene.

9. Video promotion

Jika perusahaan Kamu memiliki budget lebih untuk membuat video, video tersebut bisa Kamu post di social media perusahaan Kamu. Tujuannya adalah agar memiliki alternatif konten untuk promosi selain bentuk foto.

10. KOL collaboration

Konten sosial media juga tidak melulu soal melakukan posting yang dibuat oleh tim internal perusahaan. Kamu bisa memposting konten buatan Content Creator atau KOL. Namun harus ada izin dan kerjasama sebelumnya dulu ya dengan mereka!

11. New Product Launching

Jika perusahaan Kamu memiliki produk baru, Kamu bisa membuat konten tentang launching produk terbaru dari perusahaan Kamu.

12. Tips & Trik

Agar konten sosial media Kamu tidak membosankan, Kamu bisa menambahkan konten tips & trik yang berhubungan dengan produk yang dijual oleh perusahaan Kamu.

13. Review Produk

Agar masyarakat lebih percaya terhadap produk Kamu, cobalah untuk membuat konten review produk dari konsumen Kamu.

14. Resep

Jika perusahaan Kamu bergerak di bidang makanan, cobalah untuk membuat konten resep masakan untuk variasi dalam konten sosial media perusahaan Kamu.

15. Kenalan dengan karyawan

Agar masyarakat bisa lebih mengenal perusahaan Kamu, buatlah konten untuk lebih dekat dengan karyawan-karyawan yang ada di perusahaan Kamu.

16. Aktivitas perusahaan sehari-hari

Jika perusahaan Kamu bergerak di bidang B2B atau berkaitan dengan sektor formal atau berhubungan dengan pemerintahan, ada baiknya membuat konten tentang aktivitas di perusahaan sehari-hari

17. CSR

Konten tentang CSR juga bagus untuk dijadikan konten sosial media perusahaan Kamu, karena hal ini untuk menunjukkan kepada konsumen, jika perusahaan Kamu peduli juga dengan masyarakat dan lingkungan.

18. Meme yang sedang populer

Agar postingan Kamu memiliki banyak engagement, cobalah memposting tentang meme yang sedang viral.

19. Collab dengan brand lain

Di masa sekarang adalah jamannya kolaborasi. Sudah bukan waktunya lagi brand untuk berjalan sendiri. Postingan yang berkolaborasi dengan brand pastinya akan menaikkan engagement di sosial media.

20. Infografis

Jika kalian ingin membuat konten yang menampilkan data-data, cobalah untuk membuat konten infografis. Agar kontennya tidak membosankan.

(Visited 341 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.