Inovasi teknologi diprediksi akan menciptakan jutaan lapangan kerja. Laporan Future of Jobs terbaru dari World Economic Forum, yang mengidentifikasi tren di 20 ekonomi di 12 sektor industri, menunjukkan bahwa 75 juta peran pekerjaan dapat digantikan oleh mesin dan algoritma antara 2018 dan 2022. Berita positifnya adalah 133 juta pekerjaan baru kemungkinan besar akan dibuat pada periode yang sama.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa di pasar saat ini, 71% dari total jam kerja di setiap industri yang diprofilkan dalam laporan dilakukan oleh manusia, dibandingkan dengan 29% yang dilakukan oleh mesin atau algoritma. Tetapi para peneliti memperkirakan bahwa pada tahun 2022, pergeseran akan meningkat dengan 58% jam kerja dilakukan oleh manusia dan 42% akan dilakukan oleh mesin dan algoritma.

Sebagai contoh, diperkirakan bahwa pada tahun 2022, lebih dari setengah tugas pemrosesan data dan pencarian informasi organisasi, dan bahkan mungkin beberapa tugas penalaran, pengambilan keputusan, dan administrasi, akan dilakukan oleh mesin.

10 pekerjaan teratas yang muncul adalah pekerjaan yang membutuhkan kualitas “manusia” yang jelas. Misalnya, pekerjaan untuk profesional penjualan diharapkan tumbuh di tahun-tahun mendatang.

Pekerjaan dalam inovasi dan peran teknologi termasuk pengembangan perangkat lunak dan aplikasi juga akan diminati.

Menurut laporan The Future of Jobs dari Forum Ekonomi Dunia, 10 pekerjaan baru teratas yang memiliki prospek bagus untuk tahun 2022 akan mencakup:

  1. Data Analyst dan Datas Scientist
  2. Spesialis AI dan Machine learning
  3. Manajer Umum dan Operasional
  4. Pengembang dan Analis Perangkat Lunak dan Aplikasi
  5. Profesional Penjualan dan Pemasaran (Digital Marketer)
  6. Spesialis Big Data
  7. Spesialis Transformasi Digital
  8. Spesialis Teknologi Baru
  9. Spesialis Pengembangan Organisasi
  10. Layanan Teknologi Informasi

Prospek bagus disini adalah dari segi gaji yang tinggi, karir yang bagus, dan juga tingkat dibutuhkannya suatu pekerjaan tersebut dalam suatu perusahaan.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.